-->
  • Jelajahi

    Copyright © KabarJogja.ID - Kabar Terkini Yogyakarta
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Fapet-JULEHA, Gelar Pelatihan Jagal Hewan Qurban

    28/05/24, 19:33 WIB Last Updated 2024-05-28T12:33:26Z


    Sleman, Kabar Jogja – Fakultas Peternakan Universitas Gadjah Mada (UGM) dan Juru Sembelih Halal (JULEHA) menggelar pelatihan bagi 71 tukang jagal hewan Qurban dalam tiga periode.

    Ketua Pelatihan JULEHA Fapet UGM, Cuk Tri Noviandi, menuturkan pelatihan diadakan untuk menyiapkan para juru sembelih halal sesuai dengan 10 kompetensi yang ditetapkan oleh pemerintah berdasarkan SKKNI No 147 tahun 2022.

    “Para peserta mendapatkan ilmu terkait 10 kompetensi JULEHA, praktik persiapan alat (asah bilah) dan latihan penyembelihan,”imbuh Cuk yang juga Ketua JULEHA DIY ini, Selasa (28/5).

    Pelatihan ini menurutnya didasarkan pada belum terstandarisasi jagal dan masih menjadi pekerjaan rumah.
    Dimana satunya para jagal hewan kurban, Penyembelihan hewan kurban baik di masjid maupun tempat lain masih dijumpai kasus tidak sesuai dengan syarat-syarat yang ditentukan.

    “Baik dari sisi tuntunan syar’i, higiene-sanitasi maupun kesejahteraan hewan. Ini menjadi temuan kasus penyembelihan tidak sesuai dengan syarat-syarat yang ditentukan,” terangnya.

    Pelatihan sendiri akan dilakukan 4 batch, yakni 19 Mei, 26 Mei, 1 Juni dan 9 Juni. Pada batch pertama diikuti sebanyak 40 peserta. Sedangkan pada pelatihan kedua diikuti oleh 31 peserta. Mereka berasal dari berbagai latar belakang, seperti takmir masjid, jagal, pemilik RPA, dosen serta mahasiswa.

     
    Pada pelatihan ini para peserta cukup antusias mengikuti acara hingga tuntas. Apalagi saat memasuki sesi praktik penyembelihan.

    Selama mengikuti pelatihan JULEHA, peserta mendapatkan fasilitas pisau sembelih standar SKKNI, sarung pisau dari kulit, sharpening steel (honing), gloves anti sayat, kaos polo JULEHA, seminar kits, dan sertifikat pelatihan. (Tio)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    close