-->
  • Jelajahi

    Copyright © KabarJogja.ID - Kabar Terkini Yogyakarta
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Polres Bantul Ubah Arus Lalin Menuju Kawasan Wisata

    30/03/24, 11:36 WIB Last Updated 2024-03-30T04:36:49Z


    Bantul, Kabar Jogja – Kasi Humas Polres Bantul, AKP I Nengah Jeffry Prana Widnyana mengumumkan rencana pengalihan arus lalu lintas selama libur lebaran yang diprediksi berlangsung mulai 11-14 April. 


    Selain kawasan pantai selatan, pengalihan arus lalin juga diberlakukan menuju kawasan wisata Mangunan, Dlingo.
    Dalam rilis, Sabtu (30/3), AKP Jeffry menyatakan pengalihan arus lalin ini sebagai upaya mengurangi penumpukan kendaraan ke berbagai obyek wisata.

    "Untuk mengantisipasi kemacetan di jalur utama menuju Pantai Parangtritis, kami siapkan rekayasa lalu lintas," kata Jeffry.

    Pengalihan pertama adalah membuang arus kendaraan di S3 Sempalan Pundong apabila kendaraan yang menuju Pantai Parangtritis sudah antri di atas jembatan Kretek I. Petugas akan memasang berbagai petunjuk arah pada penggal-penggal yang dilakukan rekayasa lalu lintas.

    Kendaraan yang dialihkan, kata Jeffry,  adalah sepeda motor (R2) dan mobil penumpang (R4), untuk bus dan kendaraan besar (barang) tetap melalui Jalan Parangtritis.

    “Kami juga akan menempatkan tim urai di simpang 3 jembatan Kretek I yang merupakan jalur rawan kepadatan arus,” terang dia.

    Pengalihan arus lalu lintas kawasan wisata Mangunan, Dlingo juga diterapkan. Khusus di tanjakan Cinomati, akan disiapkan tim pengganjal ban seperti liburan-liburan hari besar sebelumnya. Kemudian bus diwajibkan naik melalui Imogiri kemudian turun di Pathuk.
     
    “Jalur Imogiri Dlingo hanya boleh dilalui kendaraan R4 dan R2 dikarenakan tikungan Kaliurang tidak cukup untuk manuver kendaraan besar seperti bus,’ jelas Jeffry.

    Karena kondisi ini, kepolisian akan melakukan patrol dan mengusir kendaraan-kendaraan yang kedapatan parkir di sepanjang Bukit Bintang.

    Rekayasa lalin juga diberlakukan di Jalan Wonosari, di mana salah satunya apabila ada antrian panjang, maka lampu merah perempatan Ketandan akan diberlakukan manual.

    “Kami akan menempatkan personel urai di simpang empat Wiyoro,” jelasnya.

    Dinas Pariwisata Bantul memprediksi, sepanjang libur lebaran 2024 berbagai kawasan wisata akan dikunjungi 250 ribu wisatawan. Kunjungan ini didominasi di sepanjang pantai selatan.

    “Rekayasa lalu lintas ke kawasan Parangtritis akan kami arahkan ke barat. Dimana semua pintu keluar akan kita arahkan melewati Jembatan Kretek II atau Jalan Samas,” kata Plt Kadispar Bantul Kwintarto Heru Prabowo. (Tio)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    close