-->
  • Jelajahi

    Copyright © KabarJogja.ID - Kabar Terkini Yogyakarta
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Memasuki Era Digitalisasi, PBNU Digitalkan Kamus Al-Munawwir

    23/12/23, 19:43 WIB Last Updated 2023-12-23T12:43:48Z

    Bantul, Kabar Jogja – Menargetkan semua urusan di Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) akan berformat digital pada tahun depan. PBNU memulai langkah besar ini dengan  mendigitalisasikan kamus Al-Munawwir yang menjadi kitab rujukan pengajaran di pondok pesantren.


    Peluncuran digitalisasi kamus Al-Munawwir pada Sabtu (23/12) di Ponpes Al-Munawwir Krapyak, Bantul dihadiri Ketua Umum PBNU Yahya Cholil Staquf.


    “Dunia digital menjadi sesuatu yang tak terelakkan dan harus diterima.  Saat ini tidak mungkin dikelola secara manual, platform digital semakin dominan dalam dinamika masyarakat. Kita harus mampu mengadopsi teknologi baru. Khususnya teknologi digital, namun tidak boleh terlepas dari agama,” katanya.


    Tahun depan, PBNU mencanangkan transformasi digital untuk semua urusan mulai dari dokumen perjanjian, organisasi, program sampai fasilitas khususnya di bidang pengajaran dan pendidikan.


    “Sehingga fasilitas-fasilitas pendidikan ini juga harus mengadopsi sistem digital sebagai bagian dari infrastrukturnya karena memang sudah waktunya untuk dilakukan,” ujarnya.


    Menurutnya digitalisasi kamus di Al-Munawwir menunjukkan pondok pesantren siap menyongsong dan siap masuk ke era format digital.


    Diinisiasi Rabithah Ma'ahid Islamiyah (RMI) PBNU mendigitalisasikan kamus Al-Munawwir selama setahun terakhir. Kamus Al-Munawwir menjadi rujukan wajib santri mencari makna bahasa Arab ke Bahasa Indonesia.


    Ketua RMI PBNU,  Hodri Ariev menjelaskan, aplikasi Kamus Al-Munawwir merupakan karya santri-santri yang ahli di bidang IT. Sedangkan proses pengembangan aplikasi itu memakan waktu sekitar satu tahun.


    Setiap kata dalam kamus Al-Munawwir menyediakan banyak pilihan makna sesuai dengan konteks kalimatnya. Sehingga dengan menggunakan kamus Al-Munawwir selama para santri menerjemahkan teks-teks berbahasa Arab ke dalam bahasa Indonesia dengan lebih akurat, dengan lebih tepat.


    Hodri menambahkan, tak hanya kalangan santri Pondok Pesantren Al-Munawwir yang telah menggunakan aplikasi tersebut. Masyarakat umum juga bisa mengunduh kamus Al-Munawwir melalui Play Store dan App Store. (Tio)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    close