-->
  • Jelajahi

    Copyright © KabarJogja.ID - Kabar Terkini Yogyakarta
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Gereja Katolik Indonesia Luncurkan Project Revitalisasi Hari Pangan

    30/10/23, 11:38 WIB Last Updated 2023-10-30T04:38:15Z

    Bantul, Kabar Jogja - Komisi Pemberdayaan Sosial Ekonomi (PSE KWI) Gereja Katolik Indonesia mengagas proyek revitalisasi Hari Pangan Sedunia (HPS).


    Melalui edukasi pangan diharapkan membuat masyarakat bergerak menuju kebaruan pangan.


    Dalam siaran pers, Senin (30/10), Sekretaris Komisi PSE KWI, Romo Ewaldus menyatakan program yang akan diluncurkan pada rangkaian kegiatan sejak sejak hari ini sampai 1 November sebagai respons terhadap tantangan global dalam hal keamanan pangan dan ketahanan pangan.


    "Revitalisasi ini merupakan refleksi terkait spiritualitas Kristiani dan esensi pangan. Dirancang sebagai program jangka panjang 10 tahun, dan meluncurkan proyek tersebut yang bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan kesadaran dalam mewujudkan pangan berkeadilan sosial, ekonomi, dan ekologi di Indonesia," terang Romo Elwadus.


    Di pusatkan Rumah Retret Panti Semedi dan Gereja Katolik Hati Kudus Tuhan Yesus Ganjuran, Bantul. Kegiatan ini menghadirkan  narasumber yang ahli dalam bidangnya akan memberikan pemahaman mencakup topik-topik seperti tantangan pangan, spiritualitas Kristiani terkait pangan, dan upaya membangun keberlanjutan gerakan pangan gereja di Indonesia.


    "Peserta diharapkan untuk membawa contoh pangan lokal selain beras sebagai gambaran keanekaragaman pangan di Indonesia," katanya.


    Romo Elwadus menyatakan proyek revitalisasi ini merupakan langkah penting dalam memecahkan masalah pangan di Indonesia yang semakin mendesak, baik akibat perubahan iklim maupun perilaku manusia terhadap pangan. 


    Komitmen, kesungguhan, dan dukungan dari semua pihak diharapkan akan menjadi kunci keberhasilan dalam mewujudkan pangan berkeadilan sosial, ekonomi, dan ekologi di Indonesia.


    Sementara pada 28-29 Oktober, juga berlangsung festival pangan merupakan perayaan umat Katolik untuk menyemarakkan dan menyambut unsur gerejawi dan kebangsaan. 


    "Beberapa kegiatan pembekalan bidang liturgi yang telah dilakukan sebelumnya ditindaklanjuti untuk memeriahkan perayaan ini," terang Vikep Yogyakarta Barat Romo AR. Yudono Suwondo, Pr


    Melalui edukasi pangan diharapkan membuat masyarakat bergerak menuju kebaruan pangan. Ini sesuai dengan semangat yang diusung dalam peringatan Hari Pangan Sedunia 2023.


    Yudono menyatakan dalam peringatan HPS ini pihaknya mengambil tema 'Si Vis Pacem Para Panen'.  Artinya, jika engkau menginginkan kedamaian, sediakanlah roti.


    Tema ini erat kaitannya dengan persoalan ketersediaan pangan yang disebabkan oleh beberapa aspek, termasuk iklim, yang dapat memicu persoalan. (Tio)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    close