-->
  • Jelajahi

    Copyright © KabarJogja.ID - Kabar Terkini Yogyakarta
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    PDIP Yogyakarta Dukung Jokowi Sejahterakan ASN

    18/08/23, 18:27 WIB Last Updated 2023-08-18T11:27:59Z

    Yogyakarta, Kabar Jogja – Fraksi PDIP di DPRD Yogyakarta sepenuhnya mendukung langkah Presiden Joko Widodo mendorong peningkatan kesejahteraan bagi aparatur sipil negara (ASN). Kesejahteraan aparatur negara penting, utamanya dalam mendorong  pelayanan kepada masyarakat yang lebih baik.


    Dwi Wahyu Budiantoro, Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD DIY menegaskan dukungan kebijakan peningkatan kesejahteraan bagi aparatur negara penting, utamanya dalam mendorong  pelayanan kepada masyarakat yang lebih baik.


    “PDIP Yogyakarta berharap, lewat kebijakan peningkatan kesejahteraan harus dibarengi dengan support UMKM. Sebab jika menengok data 98 persen perekonomian bergerak karena aktivitas pelaku usaha mikro, kecil dan menengah. Butuh aparatur yang SDM mumpuni, konsisten dalam melayani UMKM," kata Dwi,  Jumat (18/8).


    Fraksi PDI Perjuangan DPRD DIY menilai harus ada kesetaraan aparatur dan kesejahteraan rakyat. Jika hal ini tidak terjadi, maka ada kesenjangan aparatur di dinas provinsi dengan relasinya untuk melayani pelaku UMKM.


    Untuk itu, PDI Perjuangan dalam rangka dukung meningkatnya kesejahteraan masyarakat DIY, perlu dibarengi dengan kesejahteraan aparatur nya, ASN nya harus sejahtera juga.


    Jika melihat data kepegawaian baik ASN maupun tenaga bantu di pemerintahan DIY, ada PNS sebanyak 9497 dan P3K ASN 819. Lalu untuk tenaga P3K DIY atau tenaga bantu jumlahnya 3010 dan tenaga  outsourcing, data awal 2022 sebanyak 3002.


    “Fraksi PDI Perjuangan DIY berikan apresiasi usulan kenaikan gaji PNS, TNI dan Polri sebesar 8 persen seperti yang disampaikan dalam pidato pengantar Nota APBN 2024, di daerah harus di breakdown lebih detailnya,” ujar Dwi.


    Sementara Ketua Komisi A DPRD DIY Eko Suwanto, menambahkan guna meningkatkan perekonomian nasional salah satu penggeraknya kemampuan, kapasitas belanja per kapita.


    "Semakin sejahtera para ASN, semoga makin tingkatkan kinerja dan kualitas layanan publik nya," katanya.


    Melalui peningkatan gaji ASN dan aparatur pemerintah bisa meningkatkan kualitas pelayanan publik kepada rakyat. Kinerja pelayanan semakin baik ke depan.


    "Adanya tambahan gaji, naiknya gaji ASN atau aparatur pemerintah tentu bisa dorong meningkatnya pemasukan aparatur. Harapan kita seiring naiknya pendapatan diikuti juga dengan kinerja kualitas pelayanan publik yang semakin baik. Baiknya gaji bisa dorong bertumbuhnya perekonomian rakyat Indonesia," tutupnya. (Tio)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    close