-->
  • Jelajahi

    Copyright © KabarJogja.ID - Kabar Terkini Yogyakarta
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Polsek Pleret Raih Predikat Pelayanan Terbaik Ramah Anak Bantul dan DIY

    30/07/23, 12:11 WIB Last Updated 2023-07-30T06:31:55Z

    Bantul, Kabar Jogja – Polsek Pleret, Bantul menjadi satu-satunya polsek yang meraih predikat pelayanan ramah anak terbaik. Berbagai gerakan dilakukan jajaran Mapolsek yang dipimpin AKP Titik Esti Handayani untuk menanamkan kecintaan anak-anak kepada polisi sejak usia dini.


    Penghargaan ‘Polsek Ramah Anak’ dari Bantul ini secara resmi diberikan Bupati Halim Abdul Muslih saat puncak peringatan Hari Anak Nasional ke-39 Tahun 2023, di Pendapa Manggala Parasamya I, Kompleks Kantor Bupati, Minggu (30/7).


    “Pelayanan yang ramah anak kami usung karena anak merupakan depan sebuah keluarga, masyarakat, bangsa dan bahkan negara. Jadi kita wajib memberikan perlindungan dan memberikan hak-haknya selayaknya,” kata AKP Titik.


    Lebih membanggakan lagi, predikat ‘Polsek Ramah Anak’ tidak hanya diraih Polres Pleret di tingkat Bantul. Namun juga di tingkat Pemda Daerah Istimewa Yogyakarta yang dalam waktu dekat ini diserahkan langsung Gubernur Sultan Hamengku Buwono X.


    Dalam implementasinya, AKP Titik menerangkan pelayanan yang ramah anak diwujudkan dalam pemberian sarana prasarana kepada anak-anak dibawah umur yang bermasalah dengan hukum. Bahkan ada ruang khusus yang disediakan di Mapolsek untuk berkonsultasi dengan jajarannya terkait berbagai masalah hukum bagi anak-anak.


    Kemudian ada inovasi dalam pendidikan tertib berlalu lintas yang diajarkan secara langsung kepada anak sekolah mulai dari tingkat TK, SD, SMP dan SMA. Dimana setelah menjadi pembina upacara setiap Senin, petugas akan memberikan etika berlalu lintas, kenakalan remaja, bahayanya narkoba dan lain sebagainya.


    “Dari sosialisasi etika berlalu lintas berhasil melatih anak-anak dalam patroli keamanan sekolah dan bisa membantu menyeberangkan teman-temannya,” jelasnya.


    Kemudian ada program ‘Siji’ atau Sinau Uji SIM. Dimana Polsek Pleret memfasilitasi anak-anak yang sudah memenuhi syarat umur untuk membuat SIM dalam hal ujian teori maupun ujian praktek secara gratis.


    Bahkan di bidang pendidikan, jajaran anggota Polsek Pleret melalui program Melek Bangun Desa Intelektual telah memberikan enak beasiswa bagi anak-anak kurang mampu untuk melanjutkan kuliah. Saat ini Polsek Pleret telah bekerjasama dengan Sekolah Tinggi Pembangunan Masyarakat Desa ‘APMD’ Yogyakarta.


    “Kita juga menyediakan ruang khusus bagi pelajar baik pelajar SMP maupun SMA untuk belajar bersama anggota. Mereka kami kita berikan akses Wi-Fi gratis sampai jam 20.00 WIB,” katanya.


    Bagi AKP Titik, prestasi tingkat kabupaten dan provinsi ini menjadi keberhasilan jajarannya dalam merangkul masyarakat dalam berbagai program yang tujuannya membantu mereka menjadi lebih baik.


    Dalam sambutannya, Bupati Halim mengapresiasi komitmen Polsek Pleret dalam memberikan pelayanan yang sepenuhnya ramah kepada anak-anak, perempuan dan penyandang disabilitas.


    “Kolaborasi seperti inilah yang kita butuhkan dari semua pihak, tidak hanya di kepolisian. Sebab ketersediaan layanan ramah anak ini telah menjadi visi misi kita kedepan,” kata Halim.


    Halim mengucapkan kolaborasi di tahun ini mampu menjadikan Bantul meraih predikat Kabupaten Layak Anak (KLA) kategori utama. Dirinya berharap kolaborasi dari semua pihak dipertahankan dan ditingkatkan meraih target Bantul sebagai KLA secara penuh yang belum raih satupun Kabupaten/Kota di Indonesia.


    “Marilah bersama sama melawan segala bentuk kekerasan terhadap anak. Kekerasan fisik, psikologis maupun seksual. Mari kita bangun kepedulian dan kesadaran kolektif memberikan perlindungan serta menyediakan mekanisme pengaduan yang bisa diakses anak-anak yang membutuhkan bantuan,” tutup Halim. (Tio)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    close