-->
  • Jelajahi

    Copyright © KabarJogja.ID - Kabar Terkini Yogyakarta
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Presiden Jokowi Sebut Kekurangan JJLS Selesai Tahun Ini

    02/06/23, 12:58 WIB Last Updated 2023-06-02T05:58:55Z

    Bantul, Kabar Jogja – Presiden Joko Widodo mengatakan kekurangan Jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS) di Daerah Istimewa Yogyakarta maupun Jawa Timur bakal terselesaikan tahun ini.


    Hari ini, Jumat (2/6), Presiden Jokowi meresmikan Jembatan Kretek 2 di Kecamatan Kretek, Bantul yang sebelumnya sudah diujicobakan pengoperasiannya sejak 31 Januari 2023.


    Didampingi Gubernur Sri Sultan Hamengku Buwono X, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (MenPUPR) Basuki Hadimuljono, dan Bupati Abdul Halim Muslih. Presiden Jokowi tiba di lokasi peresmian pukul 8.41 WIB.


    “Kita telah membangun berbagai infrastruktur dalam tujuh tahun terakhir. Dan hari ini, Alhamdulillah kita segera akan meresmikan Jembatan Kretek 2 yang menyebrangi Sungai Ppak sepanjang 556 meter dan memiliki 4 jalur. dibangun dengan biaya Rp364 miliar,” katanya.


    Selain jalan-jalan baru, Presiden mengatakan pemerintah juga telah membangun bendungan, bandara, jembatan, pelabuhan dan infrastruktur-infrastruktur lainnya.


    Semua ini dilakukan untuk membantu masyarakat mengatasi berbagai masalah yang berkaitan dengan daya saing, percepatan ekonomi di daerah dan pemerataan pembangunan.


    “Ini adalah JJLS, yang kita tahu di Banten dan Jawa Barat sudah selesai 100 persen. Di DIY sendiri masih ada kekurangan sepanjang 14 Km. Demikian juga di Jawa Timur yang kurang 24 Km,” lanjutnya.


    Presiden Jokowi menyebut keseluruhan kekurangan ruang JJLS di DIY maupun di Jawa Timur akan diselesaikan tahun ini. Jika ini semua terpenuhi, maka akan jalur besar sepanjang 1.320 Km yang membentang dari Banten sampai Banyuwangi, Jawa Timur.


    Diharapkan dengan kehadiran tiga jalur utama di utara, tengah dan selatan Pulau Jawa menambah kecepatan jalur logistik, mobilitas barang dan orang dengan lancar.


    Kehadiran JJLS juga bertujuan untuk meningkatkan daya saing berbagai produk-produk yang dihasilkan di berbagai daerah yang ada di Jawa Selatan aga bisa masuk ke pasar yang kompetitif lebih baik.


    Jembatan Kretek 2 dibangun untuk menghubungkan kawasan obyek wisata Parangtritis dengan berbagai objek wisata yang berada di sepanjang pesisir Bantul Barat.


    Usai meresmikan jembatan, Presiden Jokowi menyempatkan diri untuk menyapa ratusan warga yang sejak pagi menunggu kedatangannya sambil membagi-bagikan sembako dan kaos. (Tio)

     

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    close