-->
  • Jelajahi

    Copyright © KabarJogja.ID - Kabar Terkini Yogyakarta
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Selama Lebaran, Pelayanan Non Darurat RSUD Bantul Tutup

    14/04/23, 19:22 WIB Last Updated 2023-04-14T12:22:15Z

    Bantul, Kabar Jogja – Direksi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Panembahan Senopati Bantul merilis perubahan jam pelayanan dan operasional selama libur lebaran tahun ini. Berbagai pelayanan non gawat darurat dinonaktifkan mulai 21 sampai 24 April.


    Direktur Utama RSUD Panembahan Senopati Atthobari, Jumat (14/4) memaparkan, sesuai kebijakan pemerintah libur dan cuti di rumah sakit 21-24 April 2023. Ini tidak sama dengan libur dan cuti ASN pada umumnya dari 19-25 April 2023.


    “Rabu dan Kamis atau 19 dan 20 April kami masih masuk seperti biasa. Cuti dimulai 21-24 April. Pada tanggal 25 April sudah masuk kembali,” katanya.


    Dalam perubahan jam layanan, manajemen mengatur jam pelayanan supaya masyarakat tetap terlayani. Untuk pasien kontrol rutin disesuaikan sebelum dan setelah libur lebaran.


    “Tapi jika obat habis di masa libur dan cuti lebaran, maka pengambilan obat bisa dilayani melalui Instalasi Gawat Darurat (IGD). IGD buka selama 24 jam, tanpa ada cuti,” lanjutnya.


    Selain IGD, pelayan yang tetap beroperasi 24 jam yaitu Pelayanan Obstetri Neonatal Emergency Komprehensif (PONEK) atau pelayanan ibu melahirkan.


    Pelayanan medik penunjang seperti instalasi laboratorium, instalasi radiologi tetap buka dengan sistem shift. Demikian pelayanan penunjang medik yang meliputi pendaftaran rekam medik, instalasi farmasi, instalasi gizi, gas medik, dan ambulan juga tetap buka 24 jam.


    “Sedangkan pelayanan hemodialisa atau pasien cuci darah yang rutin akan dilayani pada 21 dan 22 April dimulai pukul 12.00 WIB sampai selesai. Jadwal cuci darah di hari tersebut kalau diliburkan, cuci darah tidak bisa ditunda,” ujarnya.


    Pelayanan poliklinik libur total mulai dari 21-24 April dan buka kembali pada 25 April. Klinik hematologi dan onkologi medik juga tutup pada 21-24 April.


    “Tapi pelayanan kemoterapi rutin pasien menderita kanker rutin sudah jadwalkan sesuai jadwal yang sudah ditentukan,” ucapnya.


    Pelayanan rehabilitasi medik seperti fisioterapi, terapi wicara, dan okupasi juga tutup selama 21-24 April dan buka kembali pada 25 April. Pelayanan rawat inap, rawat intensif buka seperti biasa.


    Wakil Direktur Sidiq Rohadi memastikan semua pelayanan yang buka selama libur dan cuti lebaran ada petugasnya karena diberlakukan sistem shift. (Tio)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    close