-->
  • Jelajahi

    Copyright © KabarJogja.ID - Kabar Terkini Yogyakarta
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Kota Pendidikan dan Wisata, Pasar Tekstil Yogyakarta Semakin Berkembang

    16/01/23, 16:53 WIB Last Updated 2023-01-16T09:53:20Z

    Yogyakarta, Kabar Jogja – Kehadiran mahasiswa dan kalangan wisatawan ke Daerah Istimewa Yogyakarta dinilai semakin meningkatkan potensi pasar tekstil yang sempat terpuruk dihantam pandemi Covid-19.


    Besarnya prospek pasar tekstil di Yogyakarta diutarakan pemilik ‘Zaara NX Tekstil’, Rajiv Harkishore Lula pada awak media, Senin (16/1). Zaara bakal resmi membuka toko ketiganya pada Kamis (19/1).


    “Kami membuka toko pertama pada 2011, kemudian cabang kedua kami buka di 2018. Di cabang ketiga ini, kami menghadirkan konsep yang lebih menyamankan konsumen. Baik dari sisi pilihan barang, suasana, maupun harga,” kata Rajiv.


    Sempat mengalami penurunan omzet hingga 60 persen di kala pandemic, Rajiv menyatakan saat ini omzet mengalami peningkatan hingga mencapai 80 persen.


    Sebagai pemain lama bisnis pertekstilan, Rajiv menyatakan dalam beberapa tahun belakangan ini kehadiran mahasiswa dan wisatawan dari seluruh Indonesia membuat prospek bisnis tekstil Yogyakarta berkembang pesat.


    Kehadiran mahasiswa ini selain menjadi pasar tetap untuk kebutuhan bahan bagi wisudanya, sekarang ini sudah merambah ke bahan untuk pernikahannya. Sebab banyak mahasiswa, meski berasal dari luar Yogyakarta berniat melangsungkan pernikahan di sini.


    “Tidak hanya itu, kehadiran mahasiswa yang bekerja dalam bidang fashion adalah pasar baru yang terus tumbuh prospeknya. Mulai dari bahan untuk hijab sampai busana, mereka mencari di sini kemudian produk jadinya dikirimkan ke konsumen yang ada di luar kota,” jelas Rajiv.


    Kehadiran wisatawan juga memberikan keuntungan berlipat, kehadiran mereka yang awalnya iseng membeli bahan kain sekarang ini sudah menjadi reseller bagi produk bahan kain bagi kota-kota lain.


    “Soal kenyamanan dan pelayanan kepada pelanggan kami tetap nomor satukan. Perbedaan dengan dua toko lainnya, di toko ketiga ini kami menghadirkan ratusan produk mulai harga Rp1000 sampai Rp1,8 juta per meter,” paparnya.


    Menurutnya harga maupun bahan yang ditawarkan ke konsumen di tokonya tidak ada bedanya dengan barang-barang yang dijual di Jakarta. Konsep mendekatkan barang ke konsumen dengan kualitas dan harga yang sama adalah kunci bisnisnya.


    “Harapan kami kehadiran toko ketiga ini menjangkau seluruh lapisan masyarakat mulai dari kebutuhan individu, konveksi rumahan hingga konveksi besar, EO, butik, hingga designer- designer tanah air,” ucapnya.


    Rajiv menerangkan saat pembukaan nanti pihaknya akan menghadirkan artis-artis terkenal selama empat hari berturut. Mulai dari Soimah, Cabaret Show oleh Mamuk Jogja, Raffi Ahmad, dan Ivan Gunawan. (Tio)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    close