-->
  • Jelajahi

    Copyright © KabarJogja.ID - Kabar Terkini Yogyakarta
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Awal 2023, Komisi A Bicara Vaksinasi dan Faskes Pemilu 2024

    14/01/23, 13:12 WIB Last Updated 2023-01-14T06:12:50Z

    Yogyakarta, Kabar Jogja – Ketua Komisi A DPRD Yogyakarta Eko Suwanto kembali mendesak Pemda untuk mengenjot percepatan vaksinasi Covid-19 khususnya kepada kalangan lansia dan pelajar.


    Tak kalah pentingnya, di awal 2023 ini Eko mengingatkan pentingnya penyediaan fasilitas kesehatan yang nantinya diperuntukkan untuk penyelenggara Pemilu 2024.


    Harapan dan desakan ini disampaikan Eko saat menggelar jumpa pers untuk pertama kalinya di 2023 dengan awak media pada Jumat (13/1) sore.


    “Hari ini kita mendorong Pemda DIY terus melayani vaksinasi. Pasalnya sasaran vaksinasi kelompok remaja cukup lambat, angkanya kecil, baru 11 persen. Jadi 311.569 sasaran baru tercapai 13.066 remaja,” kata Eko.


    Desakan ini menurut Eko disampaikan karena Pemda DIY di tahun kemarin berkomitmen mempercepat vaksin. Namun sampai akhir Desember tidak mencapai sasaran yang ditetapkan. Sehingga perlu dipercepat tahun ini.


    “Saya kira untuk remaja kiranya percepatan vaksinasi sekarang ini lebih mudah karena proses pembelajaran telah berlangsung tatap muka. Demikian juga dengan pembiayaan, lewat Belanja Tidak Terduga (BTT), saya kira Pemda masih mampu,” ungkapnya.


    Tak hanya membicarakan vaksinasi, Eko juga menegaskan meski masih panjang. Namun Pemda diminta untuk mempersiapkan banyak hal terkait dengan pelaksanaan Pemilu 2024.


    Dikarenakan penyelenggaraan Pemilu serentak, Eko mengkuatirkan kesehatan petugas pemungutan suara (PPS) yang diperkirakan akan kelebihan beban kerja. Dirinya menceritakan jangan sampai kejadian meninggalnya petugas PPS pada 2019 terulang kembali.


    “Kami meminta penyelenggara pemilu, termasuk jajaran pemerintah daerah memberikan perhatian terhadap kesehatan dari petugas penyelenggara pemilu,” pintanya.


    Salah satunya dengan menyediakan fasilitas pelayanan kesehatan yang nantinya diperuntukkan untuk pemberian vaksinasi dan vitamin. termasuk satlinmas yang bertugas di TPS.


    DPRD Yogyakarta kata Eko segera akan mengundang KPU, Bawaslu dan pihak terkait guna membicarakan teknis kerja serta upaya pemberian vaksinasi serta vitamin agar petugas tetap fit pencoblosan pada 14 Februari tahun depan. (Tio)

     

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    close