-->
  • Jelajahi

    Copyright © KabarJogja.ID - Kabar Terkini Yogyakarta
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Dari 100 Gerobak ZChicken BAZNAS, Mustahik Bantul Dapatkan 34 Unit

    20/10/22, 13:53 WIB Last Updated 2022-10-20T06:53:37Z


    Bantul,  Kabar Jogja – Melalui program usaha ZChicken, Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) memberdayakan 34 masyarakat yang berhak menerima zakat (Mustahik) di Bantul. Penyerahan gerobak dilakukan Bupati Abdul Halim Muslih, Kamis (20/10).


    Bertempat di Gedung Parasamya selain Bupati Halim, turut hadir Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan BAZNAS RI Saidah Sakwan, Ketua Baznas DIY Puji Astuti, dan Ketua BAZNAS Bantul Damanhuri.


    Di sambutannya, Saidah mengatakan program ZChicken ini adalah bantuan berupa penyediaan gerobak bagi mustahik untuk menjajakan ayam goreng. Program untuk meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan mustahik melalui dana zakat, infak, dan sedekah.


    “Program ini merupakan rangkaian kegiatan bantuan usaha 1.000 ZChicken untuk dikelola para mustahik di Pulau Jawa. Sebelumnya program ZChicken telah terlebih dahulu diluncurkan di Jawa Tengah pada 7 Februari 2022 lalu,” jelas Saidah.


    Daerah Istimewa Yogyakarta sendiri oleh BAZNAS mendapatkan jatah gerobak ZChicken sebanyak 100 unit dimana 34 diantaranya diserahkan ke mustahik di Bantul.


    Saidah memaparkan melalui program bantuan ini BAZNAS berkomitmen mengembangkan usaha mustahik binaan dan membantu proses transformasi menjadi muzakki di kemudian hari.


    “Melalui program bantuan ZChicken ini, diharapkan dapat menumbuhkan semangat dan perekonomian keluarga rentan yang sempat terpuruk akibat pandemi,” lanjutnya.


    Saidah menambahkan, dengan mengusung pemberdayaan di bidang kuliner dengan konsep usaha waralaba ayam krispi yang berkelanjutan, BAZNAS juga akan terus mendorong memaksimalkan potensi pasar yang luas.


    Dalam bantuan usaha ZChicken ini, BAZNAS tak hanya memberikan modal usaha saja, namun juga membentuk ekosistem pengelolaan usaha agar semakin optimal.


    "BAZNAS juga membentuk kelompok pengelola usaha sebagai distributor bahan baku ZChicken yang juga dimiliki kelompok mustahik. Dengan komunitas yang kuat, maka kami yakin dapat mengoptimalkan program ini agar bisa menebar banyak manfaat," ucapnya.


    Bupati Abdul Halim Muslih optimistis bantuan yang disalurkan dapat berkembang dapat dimaksimalkan dengan baik jika melihat kesuksesan ZChicken di banyak tempat.


    “Ini menjadi peluang warga Bantul agar bisa semakin berdaya dan mencapai kemandirian ekonomi,” jelasnya.


    Program ini baginya sejalan  dengan beberapa program Pemkab Bantul yang ditujukan mengangkat perekonomian masyarakat yang hidup di bawah garis kemiskinan. (Tio)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    close