-->
  • Jelajahi

    Copyright © KabarJogja.ID - Kabar Terkini Yogyakarta
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Cegah PMK Meluas, Polisi di Sleman Diterjunkan

    25/05/22, 11:58 WIB Last Updated 2022-05-25T04:58:15Z

    Sleman, Kabar Jogja - Sebagai upaya pencenggahan penyebaran  virus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) terhadap hewan ternak di wilayah Sleman, Pemerintah Kabupaten Sleman bekerjasama dengan Polres Sleman lakukan sosialisi PMK di Aula lantai 3, Kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Sleman, Rabu (25/5).


    Sosialisasi tersebut diikuti oleh  96 Bhabinkamtibmas yang bertugas di 86 Kalurahan wilayah Kabupaten Sleman.


    Kasat Binmas Polres Sleman, AKP Sugyanto mengatakan bahwa sosialisasi yang mengikutsertakan Bhabinkamtibmas ini dimaksudkan untuk memberikan pemahaman yang mendalam terkait PMK yang kemudian akan kembali disosialisasikan kepada masyarakat di tingkat Kalurahan. 


    "Mereka (Bhabinkamtibmas) ini sebagai ujung tombak kepolisian yang langsung bersinggungan dengan masyarakat. Maka dari itu setelah mendapatkan pemahaman terkait PMK, Bhabinkamtibmas memiliki kewajiban melakukan upaya - upaya pencegahan di wilayah tugasnya masing - masing," jelasnya.


    Sementara itu, Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa  yang  juga hadir dalam kegiatan tersebut menyampaikan apresiasinya atas kerjasama antara Polres Sleman dengan Pemkab Sleman dalam bersama - sama melakukan pencegahan masuknya virus PMK di Sleman. 


    Lebih lanjut, Danang menjelaskan bahwa saat ini PMK tengah menjadi perhatian baik di daerah maupun pusat. 


    Hal tersebut dikarenakan adanya penularan yang sangat cepat dan dapat menyerang hewan ternak. Danang menyebut sekalipun sampai saat ini belum ditemukan kasus penularan kepada manusia, adanya virus PMK ini dapat mengganggu sektor perekonomian khususnya bagi para peternak. 


    "Adanya virus PMK ini pasti akan memberi efek bagi perekonomian. Terlebih di Sleman banyak yang menggantungkan mata pencahariannya dari hewan ternak. Maka dari itu diperlukan kerjasama banyak pihak untuk bersama - sama melakukan langkah - langkah pencegahan," ujar Danang. 


    Danang  juga mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Sleman saat ini terus melakukan upaya - upaya dalam pencegahan. 


    Selain sosialisasi, Danang menuturkan Pemkab Sleman melakukan monitoring secara langsung di sejumlah lokasi salah satunya yang telah dilakukan pemantauan secara langsung yaitu Pasar Hewan Ambarketawang, Gamping. 


    Pada kesempatan tersebut, wakil bupati juga secara simbolis menyerahkan buku saku terkait PMK kepada 3 perwakilan Bhabinkamtibmas sebagai pegangan pelaksanaan tugas di lapangan. (rls)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    close