-->
  • Jelajahi

    Copyright © KabarJogja.ID - Kabar Terkini Yogyakarta
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Pedestrian Jalan KHA Dahlan Ramah Disabilitas

    22/01/22, 13:22 WIB Last Updated 2022-01-22T06:22:32Z


    Yogyakarta, Kabar Jogja - Pemerintah Kota Yogyakarta melalui Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) Kota Yogyakarta melakukan penataan pedestrian di Jalan Kyai Haji Ahmad (KHA) Dahlan Yogyakarta. 


    Penataan dimulai dari samping Titik Nol Kilometer hingga simpang Ngabean yang bertujuan untuk memberikan kenyamanan bagi pejalan kaki dan wisatawan yang berkunjung ke Kota Yogyakarta.


    Kepala DPUPKP Kota Yogyakarta, Hari Setyowacono Rabu (12/1) berharap, pejalan kaki terutama disabilitas bisa merasakan berjalan dengan aman, nyaman dan ramah lingkungan.


    “Kita berikan fasilitas keamanan, kenyamanan maupun ramah disabilitas untuk pedestrian Jalan KHA Dahlan dimana penataan tersebut juga berkaitan dengan transportasi dan pergerakan pengunjung yang akan menuju ke Kawasan malioboro,” jelasnya. 


    Menurutnya, dengan memberikan fasilitas kepada masyarakat terutama disabilitas di Jalan KHA Dahlan adalah komitmen Pemkot Yogyakarta memberikan ruang publik berupa pedestrian yang nyaman dan tertib.


    “ Kita melakukan upaya untuk memberikan fasilitas pejalan kaki yang akan menikmati Malioboro dan Titik Nol maupun ke Kraton, dimana mereka singgah dulu di Terminal Ngabean. Karena kita ketahui, Terminal Ngabean adalah titik kumpul untuk berhentinya beberapa transportasi yang akan menuju Malioboro, Kraton dan Titik Nol,” ujar Hari.

     

    Sebelum dilakukan penataan, Kawasan Jalan KHA Dahlan banyak ditempati Pedagang Kaki Lima (PKL) yang menggelar dagangannya di trotoar. Namun dengan penataan pedestrian yang telah dibuat, pejalan kaki dapat menikmati berjalan dengan nyaman dan menikmati keindahan terutama pada malam hari.


    “Disana akan kita tampilkan beberapa pengaturan dari lampu yang ada di jalan. Penataan pedestrian ini juga erat kaitannya dengan transportasi yang ada di Kawasan Malioboro yaitu mendukung gyratory Kawasan Malioboro,” kata Hari Setyowacono.


    Pihaknya juga menyampaikan bahwa penataan tidak berhenti begitu saja namun di tahun berikutnya akan dilakukan penataan terhadap pedestrian yang ada di Jalan Senopati.


    Penataan Jalan Senopati akan dilakukan mulai dari Titik Nol ke timur sampai dengan perempatan Gondomanan. “ Yang ditata adalah lampu budaya, taman atau vegetasinya, kabel-kabel FO serta penataan PKL di area tersebut,” ujarnya. (*)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    close