-->
  • Jelajahi

    Copyright © KabarJogja.ID - Kabar Terkini Yogyakarta
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Kepala BPIP: Pameran Seni UIN Suka Hidupkan Kepekaan Berbangsa

    18/12/21, 11:42 WIB Last Updated 2021-12-18T04:42:56Z


    Sleman, Kabar Jogja - Kunjungan Kepala BPIP, Prof Yudian Wahyudi, ke kampus UIN Sunan Kalijaga beda dari biasanya. Kali ini, Yudian tidak menjadi narasumber atau membuka seminar, melainkan menyaksikan pameran seni bertajuk “Bersama dalam Beda, Berbeda dalam Sama” di kampus putih itu, Kamis (16/12).


    Ditemani Rektor Prof Almakin, Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora, Dr Mochamad Sodik, dan Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan Dr Badrun Alaina, Yudian menikmati karya-karya seni rupa yang bertutur tentang toleransi, persatuan dan tema-tema sosial kontemporer. 


    Di salah satu lukisan bergambar Gus Dur bersama dengan sekumpulan tokoh agama, Yudian memcermati detailnya. Di sisi ruang pameran yang lain, Yudian berpose di depan lukisan Buya Syafi’i, anggota Dewan Pengarah BPIP.


    Yudian mengapresiasi inisiatif UIN Sunan Kalijaga menggelar pameran seni rupa bertema kebangsaan ini. Menurutnya, pameran dan tema eksibisi ini sejalan dengan transformasi UIN Sunan Kalijaga. 


    “Universitas ini berubah menjadi UIN Sunan Kalijaga melalui Keppres No. 50 Tahun 2004 yang ditandatangani Presiden Megawati. Tema pameran sesuai dengan visi Ibu Megawati yang mengedepankan persatuan dan kebhinekaan,” ujar Yudian.


    Lebih lanjut, Yudian menyebut bahwa pesan keberagaman Indonesia yang disampaikan melalui karya seni yang indah dan syarat makna merupakan cara jitu untuk menumbuhkan rasa kebangsaan. “Karya-karya seni rupa yang ditampilkan disini bisa menghidupkan roso, melatih kepekaan berbangsa, sehingga Pancasila bisa meresap dalam setiap dimensi kehidupan,” tambah Yudian.


    Yudian menyebut bahwa Rektor Almakin merupakan rektor sekaligus pelukis pertama dalam sejarah berdirinya UIN Sunan Kalijaga. "Harapan saya kegiatan semacam ini bisa diadakan setiap tahun, tentu sebagai upaya bersama menjaga nilai-nilai Pancasila dengan berbagai cara yang mudah dipahami dan diterima masyarakat luas," pungkas Yudian.


    Pameran seni ini digelar mulai tanggal 15 hingga 22 Desember 2021. Dalam eksibisi, terlebih lebih dari 70 seniman yang memamerkan karya seni mereka dalam berbagai medium seperti lukisan, grafiti, dan seni instalasi. 


    Beberapa seniman terdepan Indonesia bergabung dalam eksibisi ini seperti Butet Kartarejasa dan Nasirun. Selain seniman, Rektor Almakin, Wakil Rektor Sahiron dan Ketua Rumah Jurnal UIN Sunan Kalijaga Rama Kertamukti juga turut memamerkan karya seni mereka. (*)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini