-->
  • Jelajahi

    Copyright © KabarJogja.ID - Kabar Terkini Yogyakarta
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    On Gate System Dukung Pariwisata Sehat di Kota Yogyakarta

    24/10/21, 09:41 WIB Last Updated 2021-10-24T02:41:35Z


    Yogyakarta, Kabar Jogja - Untuk mengantisipasi meningkatnya wisatawan datang ke Kota Yogya, Pemerintah Kota (Pemkot) Yogya menerapkan kebijakan One Gate System (Sistem Satu Pintu) bagi bus pariwisata yang hendak masuk ke Kota Yogya. 


    Kepala Dinas Perhubungan Kota Yogya, Agus Arif Nugroho menjelaskan, semua kendaraan terutama bus pariwisata akan masuk melalui satu pintu yakni Terminal Giwangan untuk dilakukan pemeriksaan.


    "Kami akan melakukan pengecekkan seperti pengecekkan sertifikat vaksin. Termasuk juga protokol, jika dalam 1 bus sudah dipastikan tervaksin semua dan memenuhi syarat akan diberi tanda berupa stiker yang di tempel di bagian depan bus" jelasnya di Terminal Giwangan, Sabtu (23/10/2021).


    Stiker tersebut juga menjadi penanda lokasi parkir. Stiker warna hijau menuju pakir Abu Bakar Ali, stiker merah ke parkir Senopati dan stiker kuning untuk parkir Ngabean. Kapasitas di tiga taman parkir tersebut mencapai 127 bus. 


    "Jadi rombongan wisatawan tidak diperkenankan memilih tempat parkir sesuai kemauan mereka, karena alur telah ditetapkan oleh petugas. Hal itu juga untuk menata agar tidak terjadi penumpukan bus di tempat parkir," bebernya.


    Pihaknya pun juga telah meminta agar pengelola parkir untuk bekerjasama dan mematuhi aturan one gate sistem tersebut. 


    "Tempat parkir yang menerima bus pariwisata tanpa membawa tiket dari Terminal Giwangan akan kami beri sanksi, yaitu penutupan dan tidak diizinkan menerima parkir untuk waktu tertentu," tegasnya. 


    Sementara bagi bus yang nekat parkir di pinggir jalan, pihaknya juga akan melakukan penindakan tegas. "Jika nekat parkir di tepi jalan, maka akan kami tertibkan. Tidak ada alasan apapun," katanya. 


    Sementara itu, Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi berharap, wisatawan yang tiba di Kota Yogya dengan bus, bisa tertib menjalankan aturan one gate system ini. 


    "Itu kan saling mengikat. Wisatawan yang berkunjung ke Malioboro misalnya, pasti cari tempat parkir. Mereka itu, kami pastikan, tidak akan mendapat tempat parkir, kalau tidak melewati Terminal Giwangan dulu," katanya.


    Ia mengungkap bahwa Pemkot Yogya terus berupaya mewujudkan aktivitas pariwisata yang sehat di Kota Yogya meski di masa pandemi Covid-19.


    "Tujuannya, untuk memastikan keamanan wisatawan, selain itu agar perekonomian dan pariwisata di Kota Yogya tetap bergerak di tengah kondisi pandemi Covid-19." ujarya. 


    Menurutnya keberhasilan penerapan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 serta protokol Clean, Healty, Safety and Environment (CHSE) di seluruh destinasi wisata dapat menjadi daya tarik utama wisatawan percaya diri untuk berkunjung ke Kota Yogya.(*)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    close