-->
  • Jelajahi

    Copyright © KabarJogja.ID - Kabar Terkini Yogyakarta
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Kota Yogyakarta Target Agustus Seluruh Warga Telah Divaksin

    24/07/21, 19:05 WIB Last Updated 2021-07-24T12:05:30Z


    Yogyakarta, Kabar Jogja - Upaya Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta dalam memberikan dan membentuk herd immunity atau kekebalan kelompok kepada para siswa terus dilakukan, kali ini upaya tersebut dibuktikan dengan digelarnya vaksinasi bagi pelajar di SMPN 8 Yogyakarta.


    Wali Kota Yogyakarta, Haryadi Suyuti mengatakan bahwa Pemkot Yogyakarta terus menggencarkan program vaksinasi Covid-19 untuk penduduk anak berusia 12 hingga 18 tahun.


    Orang nomor satu di Kota Yogyakarta ini menegaskan bahwa pada vaksinasi pelajar di sekolah, sasaran vaksinasinya pun tidak hanya bagi penduduk Kota Yogyakarta saja, tetapi seluruh siswa, baik yang merupakan penduduk kota maupun luar kota.


    "Program vaksinasi ini tidak sebatas menyasar warga dengan KTP Kota Yogya saja, jadi meskipun ada siswa KTP di luar Kota Yogya tapi dia sekolah di Kota Yogya, tetap kita berikan vaksin," bebernya saat meninjau vaksinasi tersebut, Senin (19/7/2021).


    Ia mengungkap sampai dengan hari Sabtu, 17 Juli 2021, total masyarakat yang telah mendapatkan vaksin dosis pertama oleh tim vaksinator Kota Yogya adalah sebanyak 192.984 orang. Dari jumlah tersebut, sebanyak 1.739 orang adalah remaja usia 12-17 tahun.


    "Sedangkan untuk dosis kedua, jumlah masyarakat yang telah divaksin adalah sebanyak 105.830 orang. Sehingga total telah dilakukan vaksinasi sebanyak 298.814 penduduk," bebernya.


    Saat ini, lanjutnya, estimasi kapasitas pemberian vaksin di Kota Yogyakarta adalah sebanyak 2.000 orang per hari, dilaksanakan oleh 18 Puskesmas, 13 Rumah Sakit serta 2 klinik TNI / Polri.


    "Sehingga dengan rata-rata warga orang yang divaksinasi adalah 14.000 per minggu, mudah-mudahan pada tanggal 17 Agustus 2021 nanti Kota Yogya akan semakin mendekati fase herd immunity. Tujuannya, jika masyarakat sudah memiliki kekebalan, maka penyebaran virus dapat ditekan," katanya.


    Ia menjelaskan pada vaksinasi kali ini, vaksin yang digunakan masih sama dengan yang digunakan ketika vaksinasi pelajar yang digelar di SMAN 1 Yogyakarta beberapa waktu lalu yakni vaksin jenis Sinovac.


    "Vaksin Sinovac dari Bio Farma ini sudah menjalani uji klinis yang komprehensif dan dapat dipertanggungjawabkan oleh lembaga verifikasi kesehatan internasional, dan telah memperoleh Emergency Use Authorization (EUA) dari BPOM, serta Serifikat halal dari Majelis Ulama Indonesia," katanya.


    Ke depan, pelaksanaan vaksinasi bagi remaja di Kota Yogyakarta akan digelar di tiap sekolah dimulai dari tingkat SMP baik negeri maupun swasta pada periode setelah tanggal 23 Juli 2021 sampai dengan awal Agustus 2021.

     

    Walikota pun mengajak para siswa agar tidak perlu takut divaksin demi melindungi diri sendiri, teman, dan keluarga. "Dengan divaksin, berarti adik-adik sudah menjadi patriot dalam ikut menyelamatkan generasi masa depan bangsa," ujarnya. (rls)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    close