-->
  • Jelajahi

    Copyright © KabarJogja.ID - Kabar Terkini Yogyakarta
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Pembangunan Bendung Bener, Dampak Positif Bakal Dirasakan Masyarakat

    30/04/21, 00:20 WIB Last Updated 2021-04-29T17:20:30Z


    Yogyakarta, Kabar Jogja - Pembangunan Bedung Bener di Purworejo Jawa Tengah akan membawa manfaat bagi warga sekitar. Bendung ini akan menjadi sumber air untuk memenuhi kebutuhan rakyat di sekitarnya, irigasi untuk mengairi sawah-sawah, konservasi, pariwisata dan berfungsi sebagai suplai air baku untuk keperluan rumah tangga hingga PLTA.


    Direktur Eksekutif Jogja Gavornment Watch (JGW), Muhammad Dadang Iskandar mengatakan seharusnya masyarakat dapat mencerna informasi dengan benar dan berimbang. Sosialisasi juga telah dilakukan oleh pihak terkait sejak tahun 2013.


    "Masyarakat yang khawatir lahannya akan rusak karena aktivitas penambangan adalah alasan kekhawatiran yang berlebihan dan tidak berdasar," terangnya dalam jumpa pers dan buka bersama di salah satu rumah makan kawasan Yogyakarta, Kamis (29/04/2021).


    Ia menduga adanya penentangan pembangunan Bendung Bener sengaja dihembuskan oleh para pihak yang tidak bertanggungjawab untuk motivasi keuntungan pribadi semata. Kerusakan lingkungan yang dikhawatirkan dipastikan tidak akan terjadi, semuanya juga akan melibatkan masyarakat sekitar dalam setiap tahapan proses pelaksanaan pembangunannya. 


    "Apalagi proyek pembangunan Bendung Bener tetap juga akan menggunakan bahan material batu andesit yang di tambang dari perbukitan Wadas. Setelah penambangan selesai nantinya akan dilakukan reklamasi dengan baik, top soil akan dikembalikan ke bekas tanah yang sudah digali dan kondisi tanah akan tetap sama," tambahnya.


    Bendung Bener merupakan proyek strategis nasional. JGW beharapkan Gubernur Jawa Tengah dapat membantu memberi pemahaman kepada warga penolak Bendung Bener untuk segera sadar dan mendukung proyek ini sehingga tahapan yang berjalan bisa optimal dan sesuai target.


    Menurutnya, Balai Besar Wilayah Sungai Serayu Opak (BBWSO) DIY - Jateng telah melakukan hal benar dalam koridor yang baik sesuai peraturan dan memiliki tanggungjawab terkait proses pembangunan Bendung Bener tersebut. Apa yang dilakukan itu menurutnya patut untuk diapresiasi dan didukung oleh semua pihak.


    Sebagai mitra sekaligus pengawas kinerja pemerintahan JGW menyatakan dukungannya atas pelaksanaan tahapan proyek pembangunan Bendung Bener di Purworejo Jawa Tengah. Lembaga Swasada Masyarakat (LSM) ini meminta tahapan pembangunan Bendung Bener tersebut tetap dilanjutkan agar dapat selesai tepat waktu pada tahun 2023.(rls)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    close