-->
  • Jelajahi

    Copyright © KabarJogja.ID - Kabar Terkini Yogyakarta
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Syarat Menjadi Pendonor Darah Konvalesen

    25/02/21, 14:49 WIB Last Updated 2021-02-25T07:49:50Z


    Yogyakarta, Kabar Jogja - Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Yogyakarta merupakan satu-satunya palang merah di DIY yang melayani donor darah konvalesen. Setiap hari sekitar 7-12 orang yang mendaftar sebagai pedonor darah konvalesen. Namun setelah melalui serangkaian tes yang dinyatakan memenuhi syarat untuk donor hanya berkisar 2–4 orang.


    Hal itu disampaikan Sekretaris PMI Kota Yogyakarta, Lilik Kurniawan didampingi Kepala Markas Daryadi dan Staf UTD Tri Rohmanto, Rabu (24/2) di Markas PMI Kota Yogyakarta Jalan Tegalgendu Kotagede Yogyakarta.

    “Kami siap memberikan layanan terbaik dan berharap adanya peningkatan jumlah pendonor darah konvalesen untuk antisipasi peningkatan angka pasien sembuh Covid-19. Bagi yang berkeinginan untuk donor darah konvalesen bisa langsung ke PMI Kota Yogyakarta,” jelas Lilik Kurniawan.


    Adapun syarat calon pendonor darah konvalesen antara lain, membawa surat keterangan sehat atau sembuh yang dibuktikan dengan hasil swab pcr, telah sembuh minimal 14 hari, memiliki titer anti bodi yang tinggi, dan mengikuti sejumlah tahapan tes.


    Seperti diketahui donor darah konvalesen adalah donor darah plasma konvalesen yang dilakukan oleh penyintas Covid-19 yang telah dinyatakan sehat untuk diberikan pada pasien Covid-19 yang dalam kondisi penyembuhan.


    Menurut Lilik Kurniawan saat ini, donor darah konvalesen dipandang efektif dalam proses penyembuhan pasien Covid-19 dan rata-rata permintaan rumah sakit atas plasma darah konvalesen berkisar sekitar 6 pasien.


    Salah satu calon pendonor, Dwi menuturkan meski dirinya tanpa menunjukkan gejala tapi  dinyatakan positif pada awal Januari 2021. Setelah itu, ia langsung isolasi mandiri bersama istri dan anaknya yang masih balita. Setelah menjalani isolasi mandiri dan dinyatakan sembuh dengan hasil swab negative, ia bertekad untuk menjadi pendonor plasma konvalesen.


    “Saya mendonorkan plasma darah konvalesen sebagi bentuk rasa syukur saya pada Tuhan Yang Maha Esa atas karunia-Nya,  saya sekeluarga terhindar dari maut. Mudah-mudahan donor darah ini bisa membantu menyelamatkan pasien Covid-19,” katanya.(rls)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini