-->
  • Jelajahi

    Copyright © KabarJogja.ID - Kabar Terkini Yogyakarta
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Vaksinasi Covid-19 di Kota Yogyakarta Dilakukan

    14/01/21, 19:01 WIB Last Updated 2021-01-14T12:01:51Z


    Yogyakarta, Kabar Jogja - Pemerintah Yogyakarta siap melaksanakan vaksinasi Covid-19 yang akan dimulai pada Jumat (15/1/2021). Vaksinasi Covid-19 di Kota Yogyakarta akan diawali kepada Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) dan selanjutnya menyasar para tenaga kesehatan (nakes).


    “Kami akan melaksanakan vaksinasi Covid-19 mulai tanggal 15 Januari di Rumah Sakit Pratama pukul 09.30 WIB. Semua Forkompimda kami undang,” kata Wakil Walikota Yogyakarta sekaligus Ketua Satgas Harian Penanganan Covid-19 Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi, Kamis (14/1).


    Dia menyampaikan ada sekitar 24 nama yang diajukan untuk vaksinasi Covid-19 dari Forkompimda Kota Yogyakarta, perwakilan tokoh-tokoh agama dan organisasi profesi tenaga medis. Forkompimda yang terdaftar mendapatkan vaksin Covid-19 di antaranya Walikota Yogyakarta, Wakil Walikota Yogyakarta, Kapolresta, Ketua Pengadilan Negeri, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Yogyakarta, Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Yogyakarta dan beberapa perwakilan tokoh agama di Kota Yogyakarta.


    “Kami ajukan itu. Tapi perlu diseleksi dengan skrining. Kami sedang skrining siapa-siapa  yang memenuhi syarat. Beberapa ada yang sudah dan ada yang belum. Hal yang jadi perhatian tentang kormobid. Selama tidak ada komorbid masih bisa,” terangnya.


    Setelah diawali para Forkompimda, vaksinasi Covid-19 akan menyasar para tenaga kesehatan di Kota Yogyakarta mulai 22 Januari 2021. Dia menyebut total ada sekitar 9.800 tenaga kesehatan di Kota Yogyakarta. Tapi yang memenuhi syarat untuk divaksin Covid-19 sekitar 4.578 tenaga kesehatan.


    “Kami akan lakukan vaksinasi kepada seluruh tenaga kesehatan yang memenuhi syarat pada 22 Januari 2021. Kalau mereka memenuhi syarat divaksin semua,” ujar Heroe.


    Fasilitas layanan Kesehatan di Kota Yogyakarta yang ditunjuk untuk melayani vaksinasi Covid-19 adalah 18 puskesmas, 7 rumah sakit rujukan Covid-19 dan 4 RS non rujukan Covid-19 yakni RSUD Jogja, RS Pratama, RS Panti Rapih, RS Bethesda, RS PKU Muhammadiyah, RS Siloam, RS Bethesda Lempuyangwangi, RS Ludira Husada, RS Hidayatullah, Klinik Biddokkes dan Polres. “Vaksinator atau tenaga kesehatan yang melaksanakan vaksinasi tahap pertama ada 46 orang. Tahap kedua ada 27 orang sehingga total ada 73 orang. Vaksinator sudah dilatih untuk vaksinasi Covid-19,” tambahnya.


    Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta Emma Rahmi Aryani mengatakan Kota Yogyakarta sudah menerima vaksin Covid-19 sebanyak sekitar 9.800 dosis pada Rabu(13/1). Vaksin disimpan di instalasi farmasi Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta. Rencana ada 10 pejabat daerah dan tokoh masyarakat yang menerima vaksinasi Covid-19 di Kota Yogyakarta pada Jumat (15/1).


    “Pendataan kesehatan sudah dilakukan kepada pejabat daerah dan tokoh masyarakat di Kota Yogyakarta. Sebelum vaksinasi dilakukan skrining kesehatan dengan menjawab 13 pertanyaan, Jika lolos maka vaksinasi dilakukan,” ucap Emma .(rls)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini