-->
  • Jelajahi

    Copyright © KabarJogja.ID - Kabar Terkini Yogyakarta
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Penyebab Sedikitnya Pasien Covid-19 di Jogja

    02/07/20, 11:54 WIB Last Updated 2020-07-02T04:54:58Z

    Yogyakarta - Wakil Wali Kota Yogyakarta, Heroe Poerwadi mengungkapkan penyebab jumlah pasien positif Corona di wilayahnya yang terbilang sedikit dibandingkan daerah lain. Ia menyebut karena kesadaran masyarakat yang tinggi dalam menjalankan protokol kesehatan pencegahan.

    Heroe mengatakan sejak awal Maret hingga saat ini angka penderita Covid-19 sebanyak 38 orang. Mayoritas pun sudah sembuh setelah dilakukan perawatan medis.   

    “Sejak awal maret sampai sekarang kalau dilihat dari kasusnya kita itu hanya 38 dan hampir semuanya itu berasal dari perjalanan luar kota” katanya.

    Oleh karena itu, Pihaknya meminta agar RT dan RW untuk selalu mencermati warganya yang pulang dari luar kota untuk segera melakukan isolasi untuk mencegah penularan covid-19.

    Berbicara tentang new normal dan normal di Kota Yogya, ia menjelaskan jika new normal dan normal di Kota Yogya itu ketika mahasiswa sudah kembali atau datang ke Kota Yogya, dan wisatawan juga sudah kembali datang.

    “Kalau kita sudah berbicara tentang new normal dan normal itu artinya kita menantang ancaman yang datang, dan ketika kita sudah membuka semuanya maka kita harus siap. Oleh karena itulah mau tidak mau yang kita lakukan adalah bagaimana kita menerapkan protokol covid-19 dengan baik. Dikampung diterapkan dengan baik, di kampus diterapkan dengan baik, di kantor diterapkan baik, di hotel, dipasar, serta di tempat wisata juga diterpakan dengan baik, tujuannya apa yang menjadi ancaman itu tidak bisa berkembang di Kota Yogya” ungkapnya

    Ia menyampaikan selain mempersiapkan fasilitas umum agar dapat menjalankan protokol kesehatan secara benar pihaknya juga akan melakukan verifikasi untuk memastikan protokol kesehatan sudah berjalan dengan baik.

    "Bulan Juli ini adalah bulan untuk semua sudah siap protokol covid diseluruh instansi pemerintah, swasta maupun pasar. kami juga melakukan uji coba diberbagai lokasi seperti di taman pintar," ujar Wawali.

    Lanjutnya, setelah dilakukan uji coba langkah selanjutnya adalah melakukan evaluasi pada lokasi yang dilakukan uji coba.

    “langkah-langkah tersebut sekaligus untuk memberikan relaksasi kepada masyarakat kota Yogyakarta yang sudah terlalu lama menjalankan di rumah saja (stay at home).”ungkpanya.

    Ia berharap pada bulan Juli bisa dilakukan untuk persiapan new normal, aktivitas sosial, ekonomi, peribadatan, secara bertahap akan mulai dilonggarkan.

    “Kita memang harus meyiapkan protokol covid-19 di semua tempat, artinya ketika kita disiplin menerapkan protokol covid-19, kasusnya akan kita tekan semakin turun, efek lainnya orang akan percaya bahwa Kota Yogya ini aman” tegasnya.

    Ia mengungkapkan protokol kesehatan yang wajib adalah wajib pakai masker, jaga jarak, dan cuci tangan dengan sabun, membersihkan barang-barang yang ada, serta alur keluar masuk bagi pengunjung untuk di destinasi wisata,

    “Itu wajib, yang lainnya itu sesuai karakter masing-masing, Kota Yogya karakternya adalah kota yang kasus kasusnya sebagian besar berasal dari kontak riwayat perjalanan” katanya.(mel/rls)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    Wisata

    +