-->
  • Jelajahi

    Copyright © KabarJogja.ID - Kabar Terkini Yogyakarta
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Melihat Pabrik Cerutu Tarumartani di Jogja

    04/07/20, 14:25 WIB Last Updated 2020-07-04T07:25:08Z


    Yogyakarta – Pabrik Cerutu PD Tarumartani didirikan pada masa penjajahan Belanda sekitar 1918 silam. Pabrik ini sebelumnya bernama NV Negresco yang terletak di daerah Bulu, Jalan Magelang, Yogyakarta.

    Pabrik yang berlokasi di di Jalan Bambang Suprapto, Baciro, Gondokusuman, Kota Yogyakarta tersebut sempat diambil alih oleh Jepang ketika menduduki Indonesia. Namun kemudian menyerah pada mulai 1945 resmi dimiliki Pemerintah Indonesia.

    Seiring waktu, pabrik ini kemudian diserahkan kepada Pemda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dalam pengelolaannya dan menjadi BUMD. Namanya pun telah diubah menjadi PD Tarumartani yang artinya “Daun yang menghidupi” oleh Sri Sultan Hamengku Buwono IX.

    Bangunan berarsitektur dengan bentuk atap kampung setrawuran yang mencerminkan kapasitas daya tampung yang besar. Bangunan terdiri atas dua blok dalam komplek, dibangun secara bertahap.

    Bangunan A digunakan sebagai bangunan administrasi dan produksi didirikan tahun 1920. Bangunan B digunakan sebagai bangunan produksi dan gudang yang didirikan tahun 1921. Bangunan tersebut telah ditetapkan sebagai cagar budaya melalui peraturan menteri pada 2007 silam.

    Direktur Utama PD Tarumartani, Nur Ahmad Affandi mengatakan sampai saat pihaknya masih terus memproduksi cerutu yang dipasarkan ke negara-negara di Eropa dan Amerika. “Seperti Swiss, Jerman. Tapi yang paling banyak di Amerika,” kata dia ditemui pada Sabtu (4/7).  

    Nur Ahmad mengatakan produksinya juga dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Hanya untuk varian rasa berbeda jika dibandingkan dengan yang diekspor. “Untuk pasar Indonesia kami kembangkan varian rasa buah-buahan seperti apel,” katanya.

    Manajemen dalam pengelolaannya juga terus melakukan inovasi. Seperti mendirikan sebuah kafe di halaman depan. Di kafe yang memiliki tempat duduk sekitar seratus orang tersebut tersaji makanan-makanan spesial khas Tarumartani.


    Simak videonya di Sini
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    Wisata

    +