-->
  • Jelajahi

    Copyright © KabarJogja.ID - Kabar Terkini Yogyakarta
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Berbahaya, Semprot Disinfektan Jangan Terkena Tubuh

    31/03/20, 19:26 WIB Last Updated 2020-03-31T12:26:23Z


    Sleman - Pemerintah Kabupaten Sleman mengeluarkan surat imbauan untuk tidak menyemprotkan cairan disinfektan ke tubuh manusia, karena kandungannya dapat membahayakan kesehatan. Seiring dengan semakin marak penggunaannya dalam pencegahan penyebaran virus Corona Covid-19 di kalangan masyarakat.

    Kepala Dinas Kesehatan Sleman Joko Hastaryo mengatakan surat yang dikeluarkannya tersebut mengenai efek negatif mengenai disinfektan dan menganjurkan untuk tidak melakukan penyemprotan ke tubuh manusia.

    “Disinfektan hanya untuk permukaan benda. Kalau untuk tubuh manusia namanya antiseptik, misal sabun cair, bahan hand sanitizer. Itu pun tidak boleh mengenai mata karena bisa membuat iritasi,” katanya Selasa (31/3).

    Bahan disinfektan untuk pencegahan dan pengendalian Covid-19 itu berupa larutan pemutih, klorin, karbol, pembersih lantai. World Health Organization (WHO) atau organisasi kesehatan dunia pun tidak menyarankan penggunaan alkohol dan klorin terkena tubuh manusia karena bisa merusak pakaian dan membahayakan membran mukosa tubuh seperti mata dan mulut. Selain itu juga bisa menimbulkan iritasi pada kulit.

    Joko menambahkan solusi aman untuk pencegahan Covid-19 yakni dengan cuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir. Kemudian mandi serta ganti pakaian setelah melakukan aktivitas dari luar atau dari lokasi yang terinfeksi. "Melakukan physical distancing minimal satu meter," ucapnya.

    Penyemprotan disinfektan saat ini memang sedang gencar dilakukan di perkotaan hingga sampai di pelosok desa di DIY. Berbagai kalangan masyarakat melakukannya untuk mencegah penyebaran Covid-19 ini.

    Secara terpisah, Kepala Bidang Humas Polda Daerah Istimewa Yogyakarta Kombes Yulianto mengatakan pihaknya pun melakukannya secara serentak bersama Polsek dan Polres di jalan-jalan protokol pada Selasa (31/3).

    “Polda DIY bersama jajaran Polres dan Polsek melakukan penyemprotan disinfetan secara serentak dalam upaya pencegahan menjalarnya Covid-19. Sehingga harapannya mengurangi semakin berkembangnya Covid-19,” ucapnya.(pra)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini