-->
  • Jelajahi

    Copyright © KabarJogja.ID - Kabar Terkini Yogyakarta
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Rektor UNY Bagikan Laptop Hingga Beasiswa untuk Anak Gunungkidul Berprestasi

    26/12/19, 21:23 WIB Last Updated 2019-12-26T14:23:53Z

    Kabar Jogja - Natal adalah hari penuh cinta kasih dan kebahagiaan. Walaupun tak ikut merayakan, Prof. Sutrisna Wibawa selaku Rektor UNY meyakini bahwa bukan berarti pihaknya tak dapat turut membagikan cinta kasih dan kebahagiaan serupa.

    Oleh karena itu dalam kunjungan kerjanya di Gunungkidul, Rabu (24/12) sore, Sutrisna bersama Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Gunungkidul Bahron Rasyid memberikan apresiasi kepada para mahasiswa UNY yang berprestasi dan berasal dari golongan kurang mampu.

    Apresiasi yang diberikan beragam. Mulai dari laptop hingga beasiswa mengikuti seminar internasional ke Korea Selatan. Apresiasi ini melengkapi beasiswa bidikmisi yang selama ini telah diberikan UNY kepada mereka yang berstatus sebagai anak berprestasi namun dari golongan yang kurang mampu.

    “Sebagai bentuk apresiasi, kami membagikan laptop hingga beasiswa. Sebagai bentuk cinta kasih dan kebahagiaan kami kepada para mahasiswa yang telah berjuang untuk dirinya, keluarganya, dan almamater,” ungkap Sutrisna kepada para wartawan yang turut dalam kunjungan kerja tersebut.

    Apresiasi yang Sangat Layak

    Dika Andri Pradana adalah salah satu dari mahasiswa tersebut. Sembari menjalani studinya di S1 Pendidikan Bahasa Jerman UNY, Andri mengadakan pelatihan pengelolaan desa wisata secara intensif kepada karang taruna di Dusun Gerjo Paliyan Gunungkidul. Anak-anak muda daerah tersebut dilatih bagaimana menyambut wisatawan, kiat-kiat menjadi pemandu wisata, Bahasa Inggris dasar, hingga studi analisis dan kajian bisnis terkait pariwisata.

    Putra bungsu dari pasangan Sartana dan Susilawati ini berhasil melakukan penelitian dan pelatihan tersebut, dengan cara menularkan praktik baik sekaligus pengalaman dari Pindul. Dika cukup memahami kondisi Pindul karena tinggal di Bejiharjo, Karangmojo bersama kedua orang tuanya yang berprofesi sebagai petani kecil.

    “Atas kerja keras dan ikhtiar Andri memajukan pariwisata di tengah segala keterbatasannya, Andri diganjar dua medali sekaligus dalam ajang Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) yang digelar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di Denpasar baru-baru ini. Satu medali emas kategori presentasi, dan satu medali perak kategori poster” imbuh Sutrisna.

    Guna memfasilitasi sekaligus memacu Andri meningkatkan prestasi tersebut, Sutrisna secara langsung memberikan laptop sekaligus beasiswa mengikuti seminar internasional di Korea Selatan. 

    Kegiatan seminar di Korea Selatan tersebut akan berlangsung sekitar bulan April atau Mei 2020. Disana, Andri diminta menggali ilmu sekaligus mempresentasikan apa yang sudah diteliti dan dilakukannya untuk mengembangkan pariwisata di Pindul dan Paliyan. Harapannya, praktik baik dari Gunungkidul dapat dicontoh masyarakat internasional.

    “Sekaligus kami juga berharap, Andri bawa ilmu dari Korea untuk diterapkan ke Gunungkidul. Karena Gunungkidul ini potensinya sangat kaya. Perlu pemikiran dari SDM cerdas seperti Mas Andri,” ungkap Sutrisna atas alasannya memberikan apresiasi tersebut kepada Andri.

    Berkarya dan Berprestasi

    Yuli Dwi Saputri, putri dari Mugi Hartono dan Sumilah yang berprofesi sebagai petani di daerah Duwet Wonosari, juga memperoleh apresiasi laptop. Saat menempuh pendidikan di SMKN 2 Wonosari, Yuli telah mencetak banyak prestasi di tingkat regional dan nilai akademis yang tinggi.

    Prestasi tersebut mengantarkannya diterima di S1 Pendidikan Teknik Elektro pada tahun 2019 ini melalui jalur SNMPTN tanpa tes. Sekaligus memperoleh beasiswa bidikmisi, karena keluarganya termasuk golongan kurang mampu dan ayahnya masih berjibaku melawan penyakit diabetes.

    “Saya terharu waktu diberi laptop dan ditanya oleh Pak Rektor semalam mimpi apa. Pak Rektor seperti sinterklas dan saya sangat bersyukur serta bahagia atas pemberian ini,” ungkap Yuli.

    Melalui apresiasi tersebut, Sutrisna berharap kepedulian UNY kepada anak-anak seperti Andri dan Yuli dapat menjadi contoh dan dorongan bagi mahasiswa lainnya. Agar para mahasiswa terus serius belajar, berkarya, dan berprestasi. Terlebih lagi, pasti setiap agama mendorong para umatnya untuk berkarya dan bermanfaat bagi sesama.

    “Atas nama keluarga besar UNY, kami juga mendoakan semoga sahabat-sahabat yang merayakan hari natal selalu dalam lindungannya. Damai dan sejahtera bagi kita semua,” pungkas Sutrisna.(arm)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini