-->
  • Jelajahi

    Copyright © KabarJogja.ID - Kabar Terkini Yogyakarta
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Gempa 5,0 SR Terjadi di Barat Daya Gunungkidul

    09/12/19, 12:03 WIB Last Updated 2019-12-09T05:03:23Z

    Gunungkidul, KabarJogja.ID - Gempa bumi berkekuatan 5,0 Skala Richter (SR) dialami di barat daya Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta pada Senin (9/12). Gempa ini sempat dirasakan sampai Kabupaten Bantul dan Sleman. 

    Kepala Stasiun Geofisika BMKG Yogyakarta Agus Riyanto mengatakan hasil analisis BMKG menunjukkan informasi awal gempabumi ini berkekuatan M=5,0 yang selanjutnya dilakukan pemutakhiran menjadi Mw=4,5. 

    Episenter gempabumi terletak pada koordinat 9,05 LS dan 110,14 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 130 km arah barat daya Kota Wonosari, Kabupaten Gunungkidul pada kedalaman 40 kilometer. 

    Agus menyebut dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat adanya aktivitas subduksi. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust fault).  

    Guncangan gempabumi ini dirasakan di Bantul, Berbah Sleman, Wonosari, Wates II MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang). Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. "Gempa ini tidak berpotensi tsunami," katanya. 

    Agus melanjutkan hingga pukul 11.15 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock). "Masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun  tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yg membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah," ucapnya.(Aya)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    close