-->
  • Jelajahi

    Copyright © KabarJogja.ID - Kabar Terkini Yogyakarta
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Kuras Sumur, Dua Orang Meninggal Kehabisan Oksigen

    10/11/19, 18:37 WIB Last Updated 2019-11-10T11:37:12Z


    GUNUNGKIDUL, KabarJogja.ID - Tiga orang menjadi korban saat menguras sumur dengan kedalaman sekitar 25 meter di Dusun Plalar, Desa Umbul Rejo, Kecamatan Ponjong, Kabupaten Gunungkidul pada Minggu (10/11) siang. Sebanyak dua di antaranya meninggal dunia karena diduga kekurangan oksigen.  

    Basuki Yono, pemilik sumur mengatakan awalnya ia sendiri meminta ketiga tetangganya untuk memperbaiki pompa air sumurnya. Ketiganya yakni Satiyar, 35; Suharwanto, 33 dan Karsiyo, 33. "Airnya tidak keluar. Saya minta untuk mengeceknya, kemungkinan rusak," katanya ditemui di lokasi pada Minggu (10/11). 

    Karena kondisi air sumur yang kotor, ketiganya kemudian berinisiatif untuk mengurasnya. Awalnya Suharwanto yang masuk ke dalam sumur. Namun karena merasa kehabisan oksigen, ia berupaya untuk kembali naik ke luar sumur. "Tapi saat akan naik, tidak kuat. Kemudian jatuh ke dalam sumur," kata Basuki. 

    Melihat rekannya jatuh, Karsiyo berupaya untuk menolongnya. Namun saat sampai di dalam sumur, kondisi Karsiyo ikut lemas. "Saya kemudian masuk ke dalam sumur, tapi hanya sempat mematikan mesin pompa air saja. Kemudian naik ke atas karena kondisi saya sudah lemas," ujarnya. 

    Kemudian datang Satiyar berusaha untuk menolong. Namun saat sampai di dalam sumur, yang bersangkutan lemas. "Satiyar berhasil ditolong warga dan lansung dibawa ke Puskemas Ponjong," katanya. 

    Sedangkan untuk Suharwanto dan Karsiyo baru berhasil dievakuasi oleh tim Search and Rescue (SAR) selang beberapa jam. Sayang kondisinya sudah tidak bernyawa. 

    Petugas Kantor Basarnas Yogyakarta, Nuwar Didit Pambudi mengatakan jenazah keduanya telah dilakukan pengecekan oleh tim medis dari Puskemas Ponjong. Selanjutnya diserahkan pihak keluarga untuk kemudian dikebumikan. "Proses evakuasi tidak ada kendala," ucapnya.(hanafi)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    Wisata

    +